Menampilkan Kode HTML Pada Blog Dengan Mudah

Minggu, 13 Juni 2010

Dahulu saat memulai membangun blog ini Saya harus mencari tips dan trik agar blog ini tampak lebih indah dan enak untuk dinikmati para pembaca,berbagai scrip HTML ataupun java Script dimasukin kedalam blog ini. Ya, semuanya diperoleh dari para master blogger yang memberikan ilmunya + script-script yang dibutuhkan. Lalu, bagaimana mereka dapat menampilkan kode HTLM atau Java Script tersebut pada postingan blog mereka? Mesti ada ketentuan khusus lho.

Bagi kamu yang sering menyisipkan kode HTML atau sejenisnya pada postingan kamu, maka yang muncul adalah bukan tulisannya melainkan gambaran yang dihasilkan oleh kode HTML tersebut. Lihatlah contohnya pada kotak pelanggan atau sebuah iklan pada bagian postingan ini, sesungguhnya semuanya terdiri atas beberapa kode HTML. Nah sekarang kita kan coba buat kode HTML, agar dapat tampil pada postingan atau artikel di blog kita. Tapi . . .? Ya setelah keliling-keliling Saya sepertinya mesti belajar banyak dulu untuk mengubahnya dan itu lumayan rumit bagi kita newbie di dunia blogger ini. Contohnya seperti ini,

Jika kita olah satu persatu kode yang ada misalkan untuk satu karakter pembuka saja yang biasa kita lihat berikut: jika ingin ditampilkan pada postingan maka yang harus kita tulis adalah dan untuk karakter penutup yang harus kita tulis agar tampil yang kita maksud adalah belum lagi karakter lainnya semisal karakter , tanda kutip dan lainnya.

Sebagai contoh untuk menampilkan kode link HTML sederhana berikut ini, pada postingan,


Hakimtea


Maka kode di atas harus kita PARSE terlebih dahulu dan yang harus kita tulis sebelum dipublish (pada Edit HTML/HTML bukan Visual/Compose) sebagai berikut,



<a href="http://hakimtea.net">Hakimtea</a>



Gimana, lumayan rumit? Ga usah bingung karena banyak sekali web yang menyediakan jasa untuk memPARSE kode HTML secara instan, praktis dan cepat agar dapat tampil pada postingan blog kita. Berikut Saya rekomendasikan tiga website yang menyediakannya:
  • Centricle.com, Anda bisa menggunakan jasa centricle untuk memparse html dan aturannya pun cukup sederhana hanya mengcopy-paste kode html yang akan di parse pada kotak yang telah disediakan kemudian klik ENCODE, maka tampilah kode HTML yang telah diparse dan siap dicopas untuk tampil pada postingan blog Anda. Atau klik DECODE untuk mengembalikan pada kode semua.
  • Blogrows.com, Aturannya sama dengan centricle Anda cukup mempaste kode HTML pada kotak yang disediakan kemudian klik PARSE. Jika ingin lebih jelas disamping kanannya terdapat instruksi penjelasan tentang cara penggunaan tool satu itu.
  • Accessfly.com, Demikian pula dengan accessify yang menyediakan jasa layanan Parse HTML dan menamakannya Quick Escape. Setelah kode HTML di paste pada kotak tersedia klik Convert to Escape characters.
Gimana gampang bukan, sebenarnya ini rahasia para masternya blogger lho dalam membuat sebuah blog tuttorial. Masih ada yang lain dan yang lebih baik? silahkan berikan informasinya pada kotak komentar.


0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda Sangat Berarti Buat Penulis, Agar Penulis Bisa Melengkapi Kekurangan Pada Blog ini.

Post Terbaru